Minggu, 26 Juni 2011

Petualangan dari Cangkir ke Cangkir (3)


02. "Waffen SS" Coffee 
      "Inspirasi dari Medan Perang!"

Inspirasinya berasal dari ganasnya medan tempur Front Eropa Timur (1941-1943) semasa Perang Dunia II. Dalam satu jurnal dikisahkan, sekelompok satuan elit Nazi  - Jerman, Waffen SS yang terlibat pertempuran sengit berupaya untuk tetap menikmati kopi di masa istirahat mereka yang pendek. Mereka yakin kopi bisa mengendurkan ketegangan sekaligus menjaga kesiagaan mereka.


Dilanda kebosanan oleh jatah tempur kopi instan yang disebut "Ersatz-kaffee" atau variannya berupa kopi susu "Milchkaffee", sejumlah serdadu Waffen SS yang rindu mencecap kopi yang dicampur liquor -seperti kebiasaan sajian kopi di beberapa daerah Jerman. Muncullah ide untuk mencoba meracik ersatz-kaffee dan milchkaffee mereka dengan alkohol sari buah lokal yang bisa mereka peroleh. Walau tak serupa dengan kopi liquor Jerman, namun mereka sangat menikmati rasa baru kopi campuran itu yang kemudian menjadi resep rahasia bagi mereka.

Terinspirasi oleh kisah menarik ini, TRADISI kedai kopi pun meracik "resep rahasia" serdadu Waffen SS itu yang disajikan sebagai "Waffen SS" Coffee. Satu varian kopi plus liquor dengan sensasi buah yang menyegarkan...

...BERSAMBUNG

1 komentar: