Selasa, 28 Juni 2011

Petualangan dari Cangkir ke Cangkir (6)

05. Cappucino Tradisi 
      "From Italy with Taste"

KONON cappucino mulai muncul di Italy sekitar tahun 1600-an. Kisahnya dikaitkan dengan "Battle of Vienna" (suatu pertempuran di Vienna, Austria) sekitar tahun 1683. Kala itu pasukan dibawah pimpinan  biarawan Marco D'Aviano berhasil memukul mundur serangan pasukan Ottoman - Turki. 


Pasukan Ottoman yang kalah mundur terburu-buru dari Vienna dengan meninggalkan sebagian perbekalan mereka. Dari sisa-sisa pertempuran inilah ditemukan berkarung-karung biji kopi... yang kemudian diseduh oleh D'Aviano dengan ditambahkan pemanis berupa madu dan susu. Nah, dari sinilah minuman itu mulai dikenal sebagai cappucino. Sebutan itu muncul berdasarkan jubah bertudung yang dipakai para biarawan Marco D'Aviano yang bernuansa cokelat muda.

Tak diketahui pasti kenapa Cappucino kemudian menjadi minuman khas orang-orang Italy dan menjadi bagian tradisi sarapan di sana. Namun cappucino yang disempurnakan dari resep Marco D'Aviano kemudian meluas, bukan hanya di Austria dan Italy, juga merambah seluruh Eropa dan Amerika sejak awal abad ke-20, hingga menjadi satu varian minuman kopi favorit di dunia.

Terinspirasi salah satu resep asli cappucino dari satu biara kuno di Italy, TRADISI kedai kopi pun meraciknya secara khusus menjadi Cappucino Tradisi...

...BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar