Minggu, 26 Juni 2011

Petualangan dari Cangkir ke Cangkir (1)

 CAIRAN hitam itu namanya kopi. Tak pasti kapan ditemukan dan dimanfaatkan sebagai minuman. Namun sejumlah literatur mencatat kisah kopi bermula dari suatu area penggembalaan di Etiopia, Afrika sekitar abad ke-9. Penemunya seorang gembala kambing!

Konon sejak saat itu, kopi mulai dikonsumsi para gembala Etiopia karena diyakini bisa mengusir kantuk dan lebih awas dalam menjaga kambing-kambing yang merumput...

Dari Afrika, kopi kemudian muncul dalam catatan sejarah di Mesir dan Yaman. Bukti-bukti pertama eksistensi kebiasaan minum kopi justru mengemuka pada pertengahan abad ke-15 di Yaman. Satu abad kemudian kopi juga sudah dikenal luas di Timur Tengah, Persia, Turki dan kawasan utara Afrika... dari sini kopi tersebar ke Eropa, Indonesia, Amerika.

Seperti kisah muasalnya, secara spesifik kehadiran kopi dalam rupa sajian yang dijual juga masih samar. Namun kedai kopi (coffee shop/coffee house) yang pertama dikteahui berada di Istanbul, Turki (dulu bernama Ottoman), sekitar abad ke-15. Kedai kopi ini kemudian juga ditemukan di Mekah, menyusul di Damaskus dan Kairo, Mesir. 

Perjalanan kopi memang "hitam" seperti warna minuman nikmat ini. Namun kopi punya cerita menarik yang menjadi bagian penting dari banyak tradisi dan budaya di banyak tempat di berbagai benua. Selama beratus-ratus tahun kopi menyimpan kisah yang sangat menarik dari tempat asalnya diseduh.

Tertarik akan kenikmatan kopi yang beragam dari wilayah asalnya, TRADISI kedai kopi terinpirasi untuk berbagai petualangan kenikmatan lewat sajian kopi dari cangkir ke cangkir... Setiap sajian menu kopi di TRADISI kedai kopi punya kisahnya sendiri. 

Sejak dibuka setahun yang lalu, TRADISI kedai kopi kini menawarkan tiga belas sajian kopi, yang masing-masing diracik dan diramu berdasarkan resep-resep asli daerah asalnya (bahkan sebagian sudah sangat kuno). Uniknya, walau mengadaptasi resep aslinya, bahan-bahan yang digunakan justru berasal dari Bumi Pertiwi, terutama wilayah Sumatra... ini membuktikan komitmen TRADISI kedai kopi yang bangga dan cinta pada hasil bumi Nusantara.

Mari kita mulai petualangan kopi ini dari urutan menu TRADISI kedai kopi:
01. Beach Fever Coffee 
02. "Waffen SS" Coffee
03. Kopi ala Jamaika
04. Black Forest Mix Coffee
05. Cappucino Tradisi
06. Kopi Bandrek Tradisi (Herb Spicy Coffee)
07. Dark Jungle Coffee
08. Kopi Aren Tradisi (Tradisi's Brown Coffee)
09. Kopi Jahe (Ginger Coffee)
10. Kopi Susu (Milk Coffee)
11. Kopi Mix Krim 
12. Kopi Hitam Aceh (Black Arabica - Aceh)
13. Kopi Hitam Sidikalang (Black Robusta - Sidikalang)

Plus dua kopi spesial: 
+  Blue Toba Coffee (Sumatra Blue Batak Coffee) 
++ Kopi Luwak (Sumatra Civet Coffee)

...BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar