Jumat, 17 Juni 2011

Jangan Pernah Takut Minum Kopi!

JANGAN takut untuk menyeruput kopi. Setidaknya minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi jantung, menekan risiko diabetes dan serangan kanker. Ini bukan isapan jempol, tetapi didukung oleh sejumlah penelitian para ahli termasuk dokter saraf.

Penelitian terbaru dalam satu dekade terakhir memperkuat "citra" kopi sebagai minuman yang bermanfaat dan menyehatkan tubuh. hal itu sekaligus mematahkan mitos bahwa kopi adalah minuman "berbahaya" yang bisa menimblkan efek merugikan kesehatan. Namun efek manfaat itu bisa dirasakan jika Anda adalah peminum kopi dalam rata-rata 2 - 4 cangkir kecil sehari (bahkan untuk fungsi pencegahan penyakit tertentu sampai 5 cangkir kecil sehari) dan itu pun kopi asli.



Paling tidak berdasarkan sejumlah penelitian, kopi bermanfaat untuk : mencegah penyakit saraf, melindungi gigi, menurunkan risiko kanker (terutama kanker payudara), mencegah batu empedu, mencegah diabetes, melindungi kulit,....

Zat-zat yang terkandung di dalam kopi ternyata bisa digolongkan sebagai senyawa penyegar yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mempertahankan kebugaran dan menjaga konsentrasi. Selain itu kandungan antioksidannya sangat efektif untuk mencegah kanker. Sementara kafein pada kopi bisa mencegah tumbuh-kembangnya penyakit Alzheimer/kepikunan, dan Perkinson.

Kafein kopi misalnya satu zat yang bisa menghambat peradangan di dalam otak, berfungsi sebagai antibakteri dan antilengket di gigi. Bersama dengan antioksidan dalam kopi ia akan mencegah kerusakan sel pada tubuh. Kopi juga akan melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor... Kopi juga bisa menyuburkan sperma dan menjamin fungsi seluruh organ otak dan saraf tubuh tetap berfungsi dengan normal. Namun jika terlalu banyak minum kopi efek positif itu bisa berubah menjadi efek negatif seperti naiknya tekanan darah dan jantung yang berdebar-debar dan memicu asam lambung.

Nah, jika Anda bisa menyadari betapa bermanfaatnya kopi (kopi asli tentunya)... siasatilah gaya hidup Anda dengan mencoba mengonsumsi kopi pada taraf yang menyehatkan. (evin - Tradisi kedai kopi/berbagai sumber)

1 komentar: