Minggu, 26 Juni 2011

Petualangan dari Cangkir ke Cangkir (4)

03. Kopi ala Jamaika
      "Eksotisme Jamaika"

Ini merupakan satu kopi istimewa yang akan membawa Anda sejenak pada eksotisme pantai Karibia dan kisah-kisah bajak lautnya.
Jamaika merupakan satu pulau di Laut Karibia, Amerika, yang pernah tenar sebagai basis bajak laut (buccaneers, pirates) (1550-1720). Sejak ditemukan Columbus pada 1494, Karibia menjadi satu pos pelayaran yang cukup penting di kawasan perairan Amerika.


Sejak masa penjelajahan dunia baru, kopi juga ambil peranan di pulau ini. Sejak dulu Jamaika dikenal sebagai satu negara penghasil kopi dataran tinggi terbaik di dunia (Blue Mountain Jamaica). Selain itu Jamaika juga menjadi satu negara penghasil rum (hasil destilasi/penyulingan/pemurnian tebu atau molases) yang terkenal.

Dua elemen ini (kopi dan rum) kemungkinan "mempengaruhi" kebiasaan orang-orang Karibia (termasuk Jamaika) untuk meracik kopi yang dicampur dengan rum. Aroma rum yang menggoda dan rasa kopi yang kental itu menghasilkan satu varian minuman kopi rum Jamaika yang sangat dikenal di Karibia.

Tergelitik oleh kekhasan sajian kopi rum dari negeri asal Bob Marley sang tokoh legendaris reggae ini, TRADISI kedai kopi meraciknya sebagai Kopi ala Jamaika!

...BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar