Jumat, 08 Juli 2011

Jamaican Tea/Jamaican Ginger Tea

The Pharaoh's Tea

Ini bukan tentang Camellia sinensis, namun "teh" lain yang berasal dari Hibiscus sabdariffa. Minuman yang melegenda di Mesir dan mendapat julukan "minuman penyembuh"!

Konon, minuman herbal racikan kelopak rosella (Hibiscus sabdariffa) ini disajikan khusus bagi para firaun Mesir yang disebut sebagai karkade. Walau disebut-sebut sebagai minuman khusus para firaun, teh ini juga ditemukan di beberapa wilayah Afrika, India, Asia, Italia sampai Amerika.


Sebagai sajian yang teh, ia sangat populer di Mexico dan Jamaika (Karibia), menjadi teh khas di India, bahkan menjadi "minuman nasional" di Sudan dan Senegal.

Begitu dicintainya teh khusus ini sehingga masing-masing negeri memberi nama khusus pula padanya: karkade (Mesir dan Sudan), flor de Jamaica (Amerika Latin, Mexico), sorrel (Jamaika, Karibia), saril (Panama), bissap (Senegeal, Afrika), cascade (Amerika), rosella (Asia, Inggris), chai kujarat (Irak), wonjo (Gambia, Afrika), hibiscus tea... Namun ia lebih populer dengan sebutan Jamaica Tea.
Secara tradisional, Jamaica Tea dimanfaatkan sebagai ramuan penyembuh berbagai macam penyakit (diabetes, asam urat, kolestrol, obat batuk, diare, hipertensi, radang, kanker, batu ginjal, sakit pencernaan, penetral racun/detoks, melangsingkan badan...), selain untuk meningkatkan vitalitas dan menjaga stamina tubuh.

Jika diseduh, Jamaica Tea akan menjadi merah terang (atau merah gelap - tergantung proses pengeringannya) yang menggugah selera. Warna ini muncul karena kandungan utama  acidic polysaccharides dan flavonoid glycosides (cyanidin dan delphinidin) serta asam organik (citric acid, maleic acid, tartaric acid), disamping vitamin C dan sejumlah mineral.

Tertarik akan khasiat, rasa dan keistimewaan minuman laur biasa ini, TRADISI kedai kopi meraciknya dengan resep khusus menjadi Jamaica Tea dan Jamaica Ginger Tea dalam pilihan panas atau dingin/es. Khusus Jamaica Ginger Tea, kami menambahkan potongan jahe yang akan menambah khasiatnya menjadi "tonic drink", minuman penambah stamina!

1 komentar:

  1. ARTIKEL YANG MANRIK. KAMI PUNYA PRODUK YANG BISA ANDA SAJIKAN SEBAGAI MENU BARU DI KEDAI ANDA ADA 3 JENIS ROSELLA JEHEMARH, ROSELLA MINT DAN ROSELLA MELATI. WEBSITE KAMI http://www.tehceluprosella.com/

    BalasHapus