Kamis, 21 Juli 2011

Eksotisme Andaliman dalam Nasi Goreng TRADISI

SAAT berkunjung ke Indonesia pada 2010, Barak Obama (Presiden Amerika Serikat ke-44), disuguhi nasi goreng dalam santap malam kenegaraan dan ia sangat terkesan dengan hidangan yang amat nikmat itu. Mengapa justru nasi goreng termasuk dalam menu santap kenegaraan? Ya, nasi goreng adalah satu sajian dalam daftar masakan nasional Indonesia!

Nasi Goreng merupakan nasi yang digoreng bersama campuran bumbu-bumbu tertentu. Ini merupakan satu varian olahan nasi yang sangat populer di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Walau bagi sebagian besar orang Indonesia, nasi goreng merupakan satu masakan khas Nusantara, namun olahan nasi jenis ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di daratan China kuno. Ini merupakan masakan nasi tradisional dari wilayah China yang sudah berusia lebih dari 4.000 tahun!


Diduga kuat nasi goreng mulai dikenal di wilayah Nusantara kala terjalin hubungan dagang antara China dengan kerajaan Sriwijaya sekitar abad ke-10. Catatan sejarah lain merujuk pada sekitar abad ke-15 di masa kekuasaan Majapahit, tatkala gelombang imigran China mulai mendarat di wilayah kepulauan Nusantara. Merekalah yang mengenalkan budaya kuliner mereka ke Nusantara, termasuk nasi goreng.

Tak sama dengan nasi goreng olahan China, nasi goreng Nusantara berkembang sesuai dengan "selera" Nusantara yaitu menambahkan bumbu dan rempah khas Indonesia... yang dalam perkembangan selanjutnya mulai menambahkan "kecap" atau "saus".

Kini ada banyak varian nasi goreng Indonesia... tergantung daerah asal dan wilayah pengolahannya. Ia menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia dan hampir pasti bisa dijumpai di mana saja. Mulai dari hidangan gerobak sorong, kaki lima sampai hotel berbintang lima.

Di TRADISI kedai kopi, kami menyajikan tiga varian nasi goreng: Nasi Goreng Tradisi, Nasi Goreng Belacan, dan Nasi Goreng Telur.

Andaliman, Khas Tradisi
Khusus untuk Nasi Goreng Tradisi, kami meramunya dengan bumbu spesial yang sangat khas yaitu andaliman (Zanthoxylum  acanthopodium). Disajikan dalam dua pilihan lauk: Nasi Goreng Tradisi Udang atau Nasi Goreng Tradisi Ayam.

Andaliman merupakan bumbu yang berasal dari tanaman genus Zanthoxylum - tercatat sekitar 250 spesies. Satu tumbuhan rutaceae yang berupa semak, atau perdu, atau pohon kecil yang tumbuh di wilayah tropis dan sub-tropis, tersebar di Asia.

Salah satu jenisnya digunakan dalam bumbu China kuno "Sichuan Pepper" (Zanthoxylum piperitum), dan nbeberapa jenis lainnya di Jepang, Korea, Filipina, Karibia dan India. Istimewanya, satu spesies lain yang dikenal sebagai andaliman batak atau merica batak (Zanthoxylum  acanthopodium) hanya tumbuh di tanah Batak, Sumatra Utara. Inilah yang digunakan oleh orang-orang Batak kuno sebagai bumbu penyedap hidangan tradisional mereka seperti tinombur, arsik, saksang...

Andaliman yang beraroma menyengat seperti jeruk ini berbentuk bulir-bulir kecil berwarna hijau gelap (mirip dengan jenis lada dan ketumbar) dalam keadaan segar, dan menjadi hitam kecoklatan atau hitam gelap saat sudah kering.

Rasa dan wangi andaliman yang eksotis sangat menggugah selera. Ia akan "menggigit" dan "menggetarkan" lidah dalam sensasi yang luar biasa. Inilah yang menjadi nasi goreng khas di TRADISI kedai kopi. Satu sajian amat langka yang disajikan khusus bagi Anda!

1 komentar:

  1. Andaliman sangat khas , apalagi dipadu dengan bumbu lain untuk makan bebek panggang lezat , unik , mantap.

    BalasHapus