Kamis, 14 Juli 2011

Kenikmatan Cokelat yang Melegenda

KISAH cokelat semakin jelas pada November 2007. Kala itu satu tim arkeolog menemukan bukti-bukti kuat mengenai perkebunan cokelat tertua di dunia. Situs dari masa Pre-Columbia itu ditemukan di daerah Puerto Escondido, Honduras, dari masa 1100 - 1400 tahun Sebelum Masehi.

Cokelat diyakini telah dimanfaatkan kaum Indian Kuno penghuni benua Amerika... dari peradaban pertama kaum Olmec, yang bermukim di wilayah Mexico kuno. Beberapa manuskrip menjelaskan bahwa cokelat awalnya diseduh sebagai minuman yang khusus disajikan pada ritual tertentu.


Cokelat adalah pangan olahan dari biji buah tanaman Theobroma cacao, satu jenis tanaman asli yang tumbuh di Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Telah dimanfaatkan selama tiga milenium di kawasan tersebut dan sejak dulu dimanfaatkan sebagai minuman, makanan, obat, dan bahkan alat tukar (semacam uang).

Dalam tulisan kuno kaum Maya, cokelat mulanya digunakan untuk tujuan seremonial, sebelum akhirnya dikonsumsi setiap hari. Pemanfaatan cokelat ini diketahui sejak tahun 400 Masehi, yang mereka sebut sebagai xocoatl (minuman pahit). Sejak dulu kaum Maya sudah menyadari khasiat cokelat sebagai minuman pembunuh lelah sehingga mereka juga menyebutnya sebagai minuman penyembuh.

Dari kaum Maya, kebiasaan menanam cokelat dan mengonsumsinya diteruskan oleh suku Toltec. Namun kaum Aztec-lah yang kemudian membudidayakannya secara luas. Hingga para penjelajah Spanyol yang mendarat di Benua Amerika sekitar abad ke-16, akhirnya mulai mengenal cokelat. Penaklukan kaum Aztec oleh bangsa Spanyol di bawah komando Hernando Cortez, akhirnya "mengalirkan" cokelat ke Eropa.

Sejak revolusi industri yang menenadai perkembangan mesin industri, cokelat kemudian diolah secara modern menjadi aneka olahan pangan dan minuman dan sejak saat itulah cokelat menjadi satu jenis pangan olahan yang digemari di seluruh dunia...

Cokelat punya rasa lezat yang khas. Beruntunglah kita, karena di balik kelezatan cokelat, ia punya sederet khasiat. Para ilmuwan dalam sejumlah riset menemukan manfaat cokelat antara lain mampu memberi rasa rileks (tenang dan nyaman) pada tubuh, ia bisa menjaga kesehatan jantung, merangsang sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan menekan risiko kanker payudara...

Khasiat cokelat ini berasal dari kandungan alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, serta sarat kandungan antioksidan yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Nah, sebagai satu minuman favorit di dunia, TRADISI kedai kopi juga menyajikan minuman cokelat dalam berbagai varian seduhan: Iced Choco-rum, Cokelat Legenda (The Legend Xocoatl), dan Cokelat Susu (Choco Milk).

1 komentar:

  1. Choco-rum enak! pake kali! enak kali! ya, begitu tepatnya... :))

    BalasHapus