Kamis, 07 Juli 2011

Teh Punya Cerita

NAMA latinnya cukup keren: Camellia sinensis, namun kita lebih suka menyebutnya TEH. Inilah minuman yang sudah dikenal beribu-ribu tahun yang masih dikonsumsi dan digemari hingga hari ini!

Kisah teh bermula dari daratan China kuno sekitar abad ke-10 Sebelum Masehi. Semakin dikenal dan meluas ke Korea dan Jepang pada masa kekuasaan Dinasti Tang (618 - 907). Beribu-ribu tahun kemudian, teh pun "merambah" Eropa pada masa ekspansi Portugis di Asia sekitar abad ke-16. Namun teh benar-benar tersebar secara global pada hitungan abad ke-19...


Teh merupakan tanaman asli Asia Timur dan Asia Selatan, khususnya wilayah timur laut India, utara Birma, barat daya China dan Tibet. Diolah dari pucuk-pucuk (daun, tangkai daun) tanaman teh lewat teknik pengeringan dan pengolahan (oksidasi) tertentu. Teh kering ini disajikan sebagai minuman setelah diseduh dengan air panas.

Teh diyakini berkhasiat bagi tubuh karena mengandung sejenis antioksidan yang disebut katekin, kafein, flavanoid, amino acids, vitamin C, E, dan K, serta polisakarin. Kandungan-kandungan ini (berdasarkan sejumlah hasil riset) bermanfaat untuk mencegah serangan kanker dan penyakit cardiovascular, meningkatkan daya tahan tubuh, menormalkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung koroner, diabetes, bahkan mampu melindungi gigi dengan adanya kandungan flourine pada teh. Begitu bermanfaatnya teh sehingga hampir tak ada alasan untuk menolak meminumnya.

Walau awalnya diminum di China kuno, teh telah menjadi minuman mengakar di India, Jepang, Korea, bahkan juga menjadi bagian tradisi penting di Inggris, Arab, Iran, dan Amerika. Kini ada berbagai kelompok teh yang paling dikenal berdasarkan teknik pengeringan dan pengolahannya: Teh Putih, Teh Hijau, Oolong, Teh Hitam, Teh kuning, Teh Bunga, Pu-erh, Kukicha, dan Genmaicha.

Seperti juga kopi, popularitas teh sangat mengagumkan. Hampir setiap penjuru negara di dunia ini mengenal teh sebagai minuman yang kerap disajikan pada saat-saat khusus maupun saat-saat santai.

Nah, di TRADISI kedai kopi, kami pun menyuguhkan teh (teh hijau, teh hitam dan teh jamaika) dalam berbagai varian (panas atau es) dalam daftar menu kami: Jamaican Ginger Tea, Jamaican Tea, Cinnamon Tea, Teh Hijau madu - Green Tea w/honey, Es Teh Lemon - Iced Lime Tea, Teh Susu - Milk Tea, Teh Hitam Manis - Black Tea.

...BERSAMBUNG 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar