Sabtu, 16 Juli 2011

Coklat Legenda - The Legend Xocoatl

Legenda Aztec dalam Seduhan Cokelat 

KISAH minuman ini berawal dari tahun 1500-an. Kala itu Penjelajah Spanyol di bawah komando Hernando Cortez mendarat di pantai timur Mexico untuk memulai petualangan mereka. Didukung oleh pasukan bersenjata, mereka bergerak menjelajah kepedalaman daratan dan bertemu dengan sejumlah suku-suku Indian penduduk asli.

Kala itu Aztec sedang berada di masa kejayaannya di bawah pemerintahan Montezumo II. Namun suku-suku Indian taklukan Aztec memendam kebencian pada penetapan pajak yang tinggi dan berniat memberontak. Bersama suku-suku Indian ini, pasukan Cortez pun bergerak menuju pusat ibukota Aztec, Tenochtilan.


Walau mulanya disambut layaknya dewa, Cortez akhirnya menangkap Mentozumo II. Kaum Aztec pun marah dan perang pun pecah. Pasukan Cortez tersingkir dari ibukota pada 1520. Namun setelah mengumpulkan kekuatan baru, pasukan Cortez balik menyerang dan Tenochtilan jatuh ke tangan Spanyol pada Agustus 1521.

Dari kaum Aztec inilah, Hernando Cortez kemudian mengenal satu jenis minuman yang diolah dari biji-biji tanaman Theobroma cacao, satu tanaman asli wilayah Mexico dan Amerika Tengah. Kaum Aztec menyebt minuman pahit berwarna cokelat gelap itu sebagai Xocoatl. Dari sebutan asli kaum Aztec ini lah muasal kata cokelat.

Pasukan Cortez kemudian membawa cokelat ke Spanyol dan kemudian tersebar ke Eropa lalu ke berbagai penjuru dunia...

Minuman seduhan cokelat dari kaum Indian Aztec yang disebut Xocoatl  ini memang sangat melegenda, dipercaya punya khasiat penyembuhan, pembunuh lelah, dan "penghubung ke dunia roh"... resep ramuan yang dibawa ke Spanyol ini disempurnakan menjadi lebih manis dan nikmat, yang "menjelma" menjadi minuman dan makanan yang digemari hingga kini.

Mengintip resep kuno kaum Aztec yang meramu cokelat dengan rempah tropis, TRADISI kedai kopi menyajikannya sebagai The Legend Xocoatl  (Cokelat Legenda)... satu seduhan cokelat yang luar biasa dan sangat eksotis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar